UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Tri Sentra Pendidikan Untuk Akulturasi Budaya Asing
unpi/beritasatu.com • Senin, 15 Maret 2021 11:00 Wib
 Tri Sentra Pendidikan Untuk Akulturasi Budaya Asing
Sumber Foto : qureta.com
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Salah satu gagasan Ki Hajar Dewantara adalah Tri Sentra Pendidikan (Tiga Pusat Pendidikan), yang menerangkan bahwa pendidikan berlangsung di tiga lingkungan yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat. 

Ketiganya memiliki peran di dalam proses pendidikan, serta saling mengisi dan memerkuat satu dengan yang lainnya. Tanggung jawab pendidikan tidak hanya pada pemerintah semata, namun termasuk juga keluarga dan masyarakat. 

Dirjen Pendidikan Tinggi, Nizam mengingatkan pentingnya tri sentra pendidikan dan kearifan nasional Indonesia. Hal ini bertujuan agar tidak terhanyut dalam budaya asing, tetapi ikut mewarnai akulturasi budaya asing ke dalam budaya Indonesia dan seni budaya nusantara.

Hal ini disampaikan dalam Diskusi Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Pembumian Pancasila bertajuk "Merekonstruksi Peta Jalan Pendidikan Indonesia menuju Sistem Pendidikan Nasional yang Bernafaskan Kearifan dan Keluhuran Nilai-nilai Pancasila,” Sabtu (13/3/2021).

"Meskipun banyak masuknya budaya asing tetapi terjadi akulturasi, sehingga tetap menjadi budaya Indonesia. Tugas bersama untuk tetap membawa kearifan nasional yang unik dan khas dari Indonesia," kata Nizam dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Minggu (14/3/2021).

Mantan dekan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menyebutkan, ada 4 area penguatan dalam pendidikan, terutama pentingnya tri sentra pendidikan. Dalam hal ini, pendidikan nomor satu ada pada keluarga sebagai inti dasar pendidikan pembentukan karakter. Kedua, membangun ekosistem sekolah seperti guru dan ruang kelas. Ketiga, pembelajaran yang bermakna, dan keempat, guru sebagai panutan dalam pendidikan.

“Oleh karena itu penumbuh-kembangan karakter harus kita lakukan bersama-sama, ekosistem dan budaya sekolah yang sehat, pembelajaran yang bermakna, guru sebagai panutan, lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai tiga sentra pendidikan yang harus kita perkuat dan sinergikan bersama-sama,” ucapnya.

Ia juga menyebutkan, dalam pendidikan tinggi, mata kuliah wajib kurikulum dalam Pasal 35(3) UU Nomor 12 Tahun 2012 mencakup mata kuliah Agama, Pancasila, Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia sebagai bagian penting untuk mewarnai dan membentuk karakter mahasiswa.

“Kampus sebagai penumbuh intelektual muda yang kritis tetapi santun, kita punya adab, kita punya sopan santun, kita punya akhlak mulia yang harus kita jaga, kita pertahankan, bukan kemudian kita menjadi masyarakat barat, kesantunan itu adalah hal yang merupakan akar budaya kita,” ujar Nizam.

Dalam kesempatan tersebut, Nizam juga berpesan agar perguruan tinggi membangun komunikasi yang sehat diantara masyarakat kampus, saling asah-asih-asuh, diskursus akademik, dan pengembangan diri mahasiswa yang holistik serta gotong royong semua pihak, perguruan tinggi, pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan industri (DUDI), dan media penting dalam melahirkan pemimpin bangsa.

Selain itu, peluang dan tantangan untuk mewujudkan Indonesia emas harus disiapkan dengan SDM unggul dan inovasi, insan pancasila yang berkarakter luhur, kompetitif, kreatif, inovatif dan adaptif. Dalam hal ini, melalui Kampus Merdeka, karakter, potensi dan kreativitas mahasiswa dapat dibuka dan bertumbuh kembang dan subur.

"Insan Pancasila akan lahir dan tumbuh subur jika ekosistem kampus itu sehat. Ekosistem kampus sehat sebagai kerangka menyiapkan SDM unggul untuk Indonesia jaya harus kita wujudkan, untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kenyataan," imbuhnya.
Berita Terkini
Pakar Pendidik Perlu Ubah Metode Penilaian Pada Pembelajaran Daring
Selasa, 06 April 2021 12:00 Wib • unpi/antaranews
Kemendikbud Dorong Pemda Prioritaskan Vaksin Untuk Tenaga Pengajar
Senin, 05 April 2021 10:57 Wib • unpi/cnnindonesia
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Provinsi Jawa Barat Raih Swasti Saba 2017
Rabu, 29 Nopember 2017 12:00 Wib • glg/infopublik
Pentingnya Pengamalan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari
Senin, 25 September 2017 14:00 Wib • glg/infopublik
Olahraga +
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Meski Puasa Intensitas Olahraga tak Perlu Dikurangi
unpi/republika • Senin, 13 Mei 2019 16:00 Wib
Lalu Zohri, Manusia Tercepat Asia Tenggara
unpi/cnnindonesia • Selasa, 23 April 2019 15:00 Wib
Politik dan Hukum +
 Pentingnya Paten Bagi Sebuah Penemuan
unpi/republika • Selasa, 23 April 2019 16:56 Wib
Mahasiswa harus menjadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 12:40 Wib
Mahfud MD: Milenial Rugi kalau Tidak Memilih
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 14:14 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Kemkominfo Siap Hadapi Tantangan Transformasi Digital di Indonesia
unpi/berita satu • Selasa, 23 April 2019 14:00 Wib
Di HUT UNPITV menyelenggarakan UNPITVMedia Festival 2020
unpi/Humas YPYMT • Selasa, 23 April 2019 11:24 Wib
Jaga Kelangsungan Bisnis, Transformasi Digital Sudah Menjadi Kebutuhan
unpi/sindonews.com • Selasa, 23 April 2019 13:00 Wib
Sosial +
Selamat hari KORPRI Ke-49
unpi/humas YPYMT • Selasa, 23 April 2019 15:22 Wib
 Konsep Ilmu Sosial Barat tak Relevan di Abad ke-21
unpi/republika • Selasa, 23 April 2019 16:06 Wib
Pendidikan +
Pakar Pendidik Perlu Ubah Metode Penilaian Pada Pembelajaran Daring
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 12:00 Wib
Kemendikbud Dorong Pemda Prioritaskan Vaksin Untuk Tenaga Pengajar
unpi/cnnindonesia • Selasa, 23 April 2019 10:57 Wib
 Tri Sentra Pendidikan Untuk Akulturasi Budaya Asing
unpi/beritasatu.com • Selasa, 23 April 2019 11:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris