UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Dirjen Dikti: Jaringan Jadi Masalah Pembelajaran Online
unpi/republika • Kamis, 25 Juni 2020 12:53 Wib
Dirjen Dikti: Jaringan Jadi Masalah Pembelajaran Online
Sumber Foto : techdonut.co.uk
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan evaluasi pembelajaran daring oleh perguruan tinggi selama masa pandemi covid-19. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam mengatakan masalah utama masih soal jaringan.

"Kendala utama adalah jaringan, stabilitas jaringan, jangkauan jaringan, suara hilang, dan sebagainya. Tapi itu kejadiannya tidak tiap hari, artinya angkanya sekitar 20 persen," kata Nizam, dilansir Republika.

Selain itu, Nizam menambahkan, masalah lain adalah pemanfaatan teknologi yang belum optimal. Ia mengatakan, banyak perguruan tinggi yang dosen dan fasilitas kampusnya belum siap menggunakan teknologi. Di samping itu, ada tambahan beban biaya untuk pembelajaran daring.

Melihat kekurangan tersebut, Nizam mengatakan Kemendikbud berusaha mempersiapkan semester depan dengan lebih baik. Selain melakukan pelatihan kepada dosen, Kemendikbud juga bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk penyediaan internet di daerah blank spot.

Ia menjelaskan, saat ini sebagian besar mahasiswa sudah kembali ke daerah mereka masing-masing. Oleh karena itu, kendala di perkuliahan daring adalah jaringan internet yang belum merata di masing-masing daerah asal mahasiswa.

"Pak Menkominfo juga sangat perhatian dengan hal ini, menugaskan dua dirjennya untuk mendukung kita. Berkoordinasi untuk meng-cover daerah 3T atau yang saat ini blank spot. Karena mahasiswa kan saat ini berada di kampung halamannya masing-masing," kata Nizam.

Adapun terkait pelatihan, menyiapkan pelatihan pembelajaran daring bagi 100 ribu dosen. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya penyegaran dan peningkatan keterampilan para dosen dalam menyampaikan materi melalui berbagai platform dan teknologi pendukung pembelajaran daring. Pelatihan ini juga memperhatikan ketersediaan akses internet.

Pelatihan ini dilaksanakan secara webinar menggunakan platform Cisco Webex Event, Zoom Webinar, dan Live Streaming Youtube. Series pelatihan ini dilakukan secara berkala 2-3 kali sepekan selama dua bulan ke depan atau bahkan bisa lebih jika dibutuhkan.

Pelatihan Pembelajaran Daring ini dilaksanakan secara berseries dengan tiga segmen, yaitu Segmen Teknologi, Segmen Pedagogi, dan Segmen Materi Pembelajaran. Pada setiap segmen telah disiapkan berbagai topik untuk mendukung Pelatihan Pembelajaran Daring ini mencapai target penyelenggaraannya.

Sementara itu, untuk pendidikan vokasi yang membutuhkan praktik, Kemendikbud menyiapkan satu strategi yang bisa diikuti oleh sekolah vokasi. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto menjelaskan, kegiatan praktik bisa ditempatkan di akhir semester.

Pada awal semester, sekolah vokasi disarankan untuk menempatkan pembelajaran nonpraktik. Wikan menjelaskan, dengan demikian akan lebih mudah dilakukan pembelajaran daring.

"Strateginya, teori taruh depan ini jalan terus sampai seoptimal mungkin, dan masuklah ke agenda mata kuliah praktik," kata Wikan menjelaskan.

Menurut Wikan, bagi jurusan-jurusan tertentu sebenarnya bisa dilakukan praktik secara daring. Namun, tidak sedikit pula jurusan yang membutuhkan praktik langsung di laboratorium atau bengkel.

Ia menambahkan, apabila mata kuliah praktik sudah ditaruh di akhir semester namun kondisi pandemi masih belum berakhir, maka akan tetap dilakukan. Namun, perkuliahan harus tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kemudian harus koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 dan harus berkoordinasi sejak awal dengan pemerintah daerah," kata dia lagi.
Berita Terkini
WHO: Kondisi Terburuk Virus Covid-19 Belum Muncul
Selasa, 30 Juni 2020 13:30 Wib • unpi/republika
Kemendikbud Apresiasi Kampus Berinovasi Selama Pandemi
Selasa, 30 Juni 2020 11:35 Wib • unpi/republika
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Provinsi Jawa Barat Raih Swasti Saba 2017
Rabu, 29 Nopember 2017 12:00 Wib • glg/infopublik
Menristekdikti: 96 Perguruan Tinggi Terakreditasi A
Senin, 23 September 2019 15:22 Wib • unpi/republika
Olahraga +
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Meski Puasa Intensitas Olahraga tak Perlu Dikurangi
unpi/republika • Senin, 13 Mei 2019 16:00 Wib
Lalu Zohri, Manusia Tercepat Asia Tenggara
unpi/cnnindonesia • Selasa, 23 April 2019 15:00 Wib
Politik dan Hukum +
Mahasiswa harus menjadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 12:40 Wib
Mahfud MD: Milenial Rugi kalau Tidak Memilih
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 14:14 Wib
Pelajar Indonesia Tempuh 13 jam Perjalanan untuk Pemilu di Moskow
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 11:20 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Startup Jepang Ciptakan Masker Cerdas Terkoneksi Internet
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 13:26 Wib
Kasus Malware Indonesia Lebih Tinggi dari rata-rata di Asia Pasifik
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 11:08 Wib
Covid-19 buat Lompatan Besar dalam Transformasi Digital
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 14:00 Wib
Sosial +
20 Juta Nama Warga RI Belum Sinkron dengan Nomor Induk Kependudukan
unpi/suara.com • Selasa, 23 April 2019 14:50 Wib
Pengertian dan Penerapan Flexible Working Space
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 11:59 Wib
Berpikir Positif Hadapi Normal Baru
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 10:20 Wib
Pendidikan +
Penguatan Ekosistem Kunci Keberhasilan Pernikahan Vokasi dan Industri
unpi/medcom.id • Selasa, 23 April 2019 09:00 Wib
Kemendikbud Apresiasi Kampus Berinovasi Selama Pandemi
unpi/republika • Selasa, 23 April 2019 11:35 Wib
Komisi X: Konsep Kampus Merdeka Masih Sulit Diterapkan PT Swasta
unpi/okezone • Selasa, 23 April 2019 10:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris