UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Corona dan Hikmah Tersembunyi Kebijakan Belajar di Rumah
unpi/republika • Rabu, 18 Maret 2020 13:44 Wib
Corona dan Hikmah Tersembunyi Kebijakan Belajar di Rumah
Sumber Foto : seigaku-seminar.com
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Kasus merebaknya virus Covid-19 memunculkan kekhawatiran bagi rakyat Indonesia khsususnya, maupun dunia pada umumnya. Semua berharap, semoga wabah ini segera berlalu.

Namun, terlepas dari itu, upaya memutus rantai penularan dengan meliburkan seluruh satuan pendidikan, menjadi sebuah hikmah tersembunyi di balik persoalan, blessing in disguise.  Hal ini menjadi sebuah kesempatan berharga bagi dunia pendidikan.

Terkait hal tersebut, Indonesia Emas Institute menjadikan upaya belajar di rumah sebagai upaya mencegah merebaknya virus Covid-19 (penyebab penyakit Corona) sebagai tema diskusi bulanan Maret 2020. Diskusi tersebut diadakan di kampung belajar Bina Putra, Serang, Banten, akhir pekan lalu. Hadir dalam diskusi tersebut para pengurus Indonesia Emas Institute, anara lain Achmad Supriyatna, Zulfikri Anas, Afrizal Sinaro, dan Wawan.

"Kejadian ini membuat seluruh anak berada rumah bersama keluarganya. Inilah kesempatan bagi anak, juga orang tua, untuk berinteraksi intensif satu sama lain. Termasuk kesempatan anak untuk belajar di rumah dengan bimbingan orang tua,” kata Zulfikri Anas, seperti dilansir Republika.

Afrizal Sinaro mengemukakan, pada situasi sekarang di mana anak berkumpul dengan keluarga di rumah, banyak aktivitas belajar yang dapat dilakukan dalam menghadapi kehidupan nyata, untuk memecahkan berbagai persoalan di rumah.

"Di sinilah kesempatan untuk membangun komunikasi dalam keluarga, menciptakan kreativitas dan kolaborasi bersama-sama,  katakanlah melawan virus Corona, serta berpikir secara kritis untuk bersama-sama menghindari berita hoaks dan disinformasi. Ini belajar yang sesungguhnya," papar Afrizal Sinaro.

Dengan demikian, kata Afrizal, Kemendikbud semestinya membangun ruang kemerdekaan belajar untuk "belajar di rumah" dengan aktivitas nyata di rumah, yang kemudian diangkat ke pencapaian kompetensi di sekolah. Toh, sekarang kurikulumnya berbasis kompetensi, bukan berbasis konten materi.  

Anak dapat ditugasi membuat jurnal harian kegiatan di rumah yang produktif. Outputnya bisa menjadi sebuah naskah ceritera, foto, video, bahan presentasi, aneka produk, atau apa yang saja merupakan hasil dari kegiatan project base di keluarga selama dua pekan.

"Dari proyek tesebut,  kita yakin anak terasah untuk melatih penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Silahkan periksa kompetensi dasar pada masing-masing mata pelajaran," tuturnya.

Menurut Zulfikri Anas, Kemendikbud perlu memberikan guidance semacam ini sebagai sebuah kesempatan berharga di mana pembelajaran itu kuncinya ada pada siswa, bukan pada guru, apalagi pada sekolah.

"Bukankah di era digital, ruang kelas secara fisik memang bukan lagi prasyarat utama terlaksananya pendidikan yang efektif? Dengan demikian, guru pun tertantang untuk melakukan inovasi mengaitkan pembelajran di kelas dan di rumah," papar pakar pendidikan itu.

Ia menambahkan, jika memantau informasi yang bersumber dari Kemendikbud dan juga Dinas Pendidikan di berbagai daerah, makna anak belajar di rumah itu diarahkan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan konten pembelajaran online, baik yang disediakan pemerintah maupun swasta. “Berarti, yang disebut belajar di rumah itu anak memanfaatkan konten online sebagai sumber belajar.  Dalih yang muncul supaya sesuai kurikulum dan anak terbiasa menggunakan pembelajaran daring,” ujarnya.

"Kenyataan ini sebenarnya memberi tanda bahwa cara pandang kita tentang kurikulum itu tidak berubah.  Hanya sumber belajarnya saja yang berubah. Jika dulu sumber utama adalah guru, kini sumber utamanya adalah konten di dunia maya," kata Zulfikri menambahkan.

Ia menambahkan, sementara basisnya tetap saja belajar tentang pengetahuan yang disediakan pemerintah.  "Anak dituntut memahami pengetahuan-pengetahuan tertentu, atau teori-teori ilmu pengetahuan yang ditemukan di masa lalu. Padahal anak di masa kini membutuhkan praktek penerapan ilmu untuk menghadapi persoalan di masa depan," ujarnya.

Sementara itu, Achmad Supriyatna mengatakan, dalam setiap pelatihan bagi para guru selalu digembar-gemborkan yang namanya belajar aktif, berpusat pada siswa, pembelajaran sesuai konteks, mengikuti perkembangan zaman, menyiapkan anak hidup di zamannya, dan terakhir merdeka belajar.

"Jadi sebenarnya apa makna jargon-jargon perubahan itu, jika fokus kita tetap pada pengetahuan? Sementara itu kita tahu persoalan anak di masa depan sangat volatile, uncertain, complex, dan ambigu.  Untuk menghadapi itu anak perlu pengalaman, bukan hanya pengetahuan," tuturnya.
Berita Terkini
KUNJUNGAN BALASAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS JAYABAYA  KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Minggu, 04 Februari 2024 23:20 Wib • HUMAS UNPI
KUNJUNGAN BALASAN UNIVERSITAS PASUNDAN  (UNPAS) BANDUNG KE UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Minggu, 21 Januari 2024 00:22 Wib • Humas UNPI
SAFARI KAMPUS SMA AL – MA’MOEN KE- UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Selasa, 12 Desember 2023 15:00 Wib • Humas UNPI
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Mengenal Perbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi
Selasa, 10 Desember 2019 09:01 Wib • unpi/kompas/rencanamu.id
Pentingnya Literasi Digital Bagi Mahasiswa dan Pelajar
Kamis, 21 Juli 2022 16:00 Wib • UNPI/SINDONEWS.COM
Olahraga +
MAHATALA EKSPEDISI 12 PUNCAK GUNUNG DALAM HUT CIANJUR KE-346
Humas YPYMT/UNPI • Rabu, 02 Agustus 2023 19:35 Wib
Menpora Apresiasi Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo
unpi/berita satu • Jumat, 30 Juli 2021 12:00 Wib
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Politik dan Hukum +
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PERATURAN BAWASLU DAN PRODUK HUKUM NON PERATURAN BAWASLU
HUMAS UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:57 Wib
 Pentingnya Paten Bagi Sebuah Penemuan
unpi/republika • Jumat, 14 Juni 2019 16:56 Wib
Mahasiswa harus menjadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 12:40 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Kisah Terciptanya Bolpoin yang Menoreh Sejarah Dunia Tulis-Menulis
unpi/nationalgeograpi • Jumat, 14 Juni 2019 12:00 Wib
6 Cara Meningkatkan Kecerdasan Menurut Sains
unpi/kompas.com • Jumat, 14 Juni 2019 11:00 Wib
Dengan Memaksimalkan Dunia Digital, Gunakan Media Sosial Jadi Personal Branding
UNPI/REPUBLIKA.CO.ID • Jumat, 14 Juni 2019 16:49 Wib
Sosial +
KOLABORASI KEGIATAN TRAUMA HEALING DAN PSIKOSOSIAL UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR BERSAMA UNIVERSITAS JAYABAYA
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:00 Wib
PENANDATANGANAN MEMORENDUM OF AGREEMENT (MOA) FIKOM UNPI X FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS JAYABAYA
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 18:00 Wib
KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNPI 2022
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:00 Wib
Pendidikan +
KUNJUNGAN BALASAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS JAYABAYA  KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
HUMAS UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 23:20 Wib
KUNJUNGAN BALASAN UNIVERSITAS PASUNDAN  (UNPAS) BANDUNG KE UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 00:22 Wib
SAFARI KAMPUS SMA AL – MA’MOEN KE- UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 15:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris