UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Sejarah Otomotif Indonesia dari Motor 1893 dan Kreta Setan
Sejarah Otomotif Indonesia dari Motor 1893 dan Kreta Setan
unpi/cnnindonesia • Jumat, 04 Oktober 2019 12:30 Wib
Sejarah Otomotif Indonesia dari Motor 1893 dan Kreta Setan
Sumber Foto : Benz Viktoria. (Joachim Köhler via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Sejarah kendaraan bermotor di Indonesia telah dimulai sejak 126 tahun yang lalu ketika masih dijajah Belanda dan nama negara disebut Nederlands Indie (Hindia Belanda). Kendaraan bermotor pertama adalah sepeda motor impor yang menginjak Tanah Air pada 1893 melalui Pelabuhan Semarang.

Motor yang memulai segala otomotif Indonesia itu buatan produsen Jerman bernama Hildebrand und Wolfmüller. Kabarnya bangkai motor ini pernah ditemukan pada 1932 kemudian direstorasi dan pernah ditempatkan di museum lalu lintas Surabaya.

Kendati di Indonesia kala itu banyak orang Belanda, motor legendaris itu dipesan pekerja asal Inggris bernama John C Potter. Potter adalah masinis di Pabrik Gula Oemboel di Probolinggo, Jawa Timur.

Menurut informasi dari buku Kreta Setan (de duivelswagen), Autopioniers van Insulinde, F.F Habnit, moesson reeks, 1977, yang dirangkum James Luhulima di buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri ini, Penerbit Buku Kompas, 2012, Potter memesan langsung motor itu ke pabrik Hildebrand und Wolfmüller di Jerman.

Hildebrand und Wolfmüller merupakan merek motor pertama di dunia. Nama merek itu diambil dari penemu Heinrich dan Wilhelm Hildebrand bersama Alois Wolfmüller. Hildebrand und Wolfmüller diketahui mulai memproduksi massal motor pada 1894 atau setahun setelah motornya mendarat di Indonesia, seperti dilansir CNNIndonesia.

Motor Hildebrand und Wolfmüller menggunakan mesin 2-silinder 1.489 cc 4-tak yang diletakkan mendatar. Menyalakan mesin ini sangat sulit, bisa sampai 20 menit. Bahkan dikatakan Potter terkadang mesti membakar bagian luar mesin dulu dengan spiritus buat memanaskannya.

Selain itu Potter juga memakai cara lain, yaitu mendorongnya hingga mesin menyala lalu lompat ke atas sadel kemudian berkendara. Aksi ini mirip koboi waktu loncat ke pelana kuda.

Setahun sejak motor Hildebrand und Wolfmüller sampai ke Indonesia, mobil pertama hadir juga melalui Pelabuhan Semarang. Mobil pertama adalah Benz Viktoria yang dibeli Soesoehoenan Soerakarta Pakoe Boewono X pada 1894 seharga 10.000 gulden.

Mobil dengan mesin 1-silinder, 2.000 cc, bertenaga 5 tenaga kuda, dan memiliki roda kayu itu dipesan melalui importir yang berlokasi di Pasar Besar, Soerabaja, bernama Prottle & Co.

Pakoe Boewono X memutuskan membeli mobil atas saran penasehatnya orang Belanda, saat itu alat transportasi pada umumnya adalah kereta kuda. Penampakan mobil yang dianggap bisa jalan sendiri tanpa kuda dianggap aneh, sebab itu muncul istilah 'Kreta Setan'.
Berita Terkini
Mendikbud Berkomitmen Memerdekakan Unit Pendidikan
Selasa, 19 Nopember 2019 13:31 Wib • unpi/republika
Kemendikbud Utamakan Teknologi Digital
Selasa, 19 Nopember 2019 12:30 Wib • unpi/antaranews
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Provinsi Jawa Barat Raih Swasti Saba 2017
Rabu, 29 Nopember 2017 12:00 Wib • glg/infopublik
Perkembangan Teknologi Pengaruhi Tingkat Pengangguran
Jumat, 17 Februari 2017 09:21 Wib • glg/antara
Olahraga +
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Meski Puasa Intensitas Olahraga tak Perlu Dikurangi
unpi/republika • Senin, 13 Mei 2019 16:00 Wib
Lalu Zohri, Manusia Tercepat Asia Tenggara
unpi/cnnindonesia • Selasa, 23 April 2019 15:00 Wib
Politik dan Hukum +
Mahfud MD: Milenial Rugi kalau Tidak Memilih
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 14:14 Wib
Pelajar Indonesia Tempuh 13 jam Perjalanan untuk Pemilu di Moskow
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 11:20 Wib
Kemenpora: Generasi Milenial jangan Golput
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 09:10 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Kominfo Luncurkan Program Literasi Privasi dan Keamanan Digital
unpi/kemkominfo • Selasa, 23 April 2019 14:40 Wib
Ini Fitur Whatsapp untuk Lindungi Privasi dan Keamanan Data Digital
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 10:00 Wib
Cepat atau Lambat Indonesia Pasti Gunakan PLTN
unpi/kemenristek/BRIN • Selasa, 23 April 2019 09:06 Wib
Sosial +
Pemahaman Dunia Kerja Harus Diberikan Sejak Dini
unpi/republika • Selasa, 23 April 2019 11:00 Wib
Intoleran Akibat Tidak Biasa Berpikir Reflektif
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 09:09 Wib
Presiden: Pemindahan Ibu Kota Negara Bukan Sekedar Pindah Tempat
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 13:53 Wib
Pendidikan +
Mendikbud Berkomitmen Memerdekakan Unit Pendidikan
unpi/republika • Selasa, 23 April 2019 13:31 Wib
Kemendikbud Utamakan Teknologi Digital
unpi/antaranews • Selasa, 23 April 2019 12:30 Wib
Mahasiswa Harus Punya Kemampuan Menulis Karya Ilmiah
unpi/republika • Selasa, 23 April 2019 15:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris