UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Apakah Teknologi Virtual Reality Membantu Mahasiswa Belajar?
unpi/okezone • Jumat, 08 Maret 2019 10:00 Wib
Apakah Teknologi Virtual Reality Membantu Mahasiswa Belajar?
Sumber Foto : time.com
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Virtual Reality dipuji sebagai alat revolusioner, hingga 60% dari institusi pendidikan tinggi AS diharapkan untuk menggunakan teknologi pada tahun 2021.
 
Dilansir dari Study International, Universitas Ilmu Kesehatan Barat memiliki tabel diseksi virtual di mana siswa dapat belajar tentang fungsi anatomi dengan menggerakkan lapisan jaringan virtual untuk melihat lebih dari 300 visualisasi anatomi.
 
Di Lehigh University, Pusat Inovasi dalam Pengajaran dan Pembelajaran mengajar siswa dan fakultas untuk menggunakan dua sistem HTC VIVE VR sehingga mereka dapat menggunakan teknologi yang muncul ini di ruang kelas mereka di masa depan.
 
Tetapi penelitian baru oleh Cornell University berfungsi sebagai peringatan bahwa kita tidak boleh melompat ke kereta musik terlalu cepat.
 
Studi Cornell adalah contoh khusus, mereproduksi pendekatan yang mapan untuk mengajarkan konsep dalam lingkungan baru, dan kita tidak boleh terlalu terkejut bahwa pembelajarannya tidak berbeda secara signifikan.
 
Dalam penelitiannya, Cornell mengambil sampel 172 mahasiswannya dan memberikan pemahaman kepada mereka tentang fase bulan.Hasil temuan menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan hasil belajar dari penggunaan VR.
 
Untuk penelitian ini, para peneliti menciptakan tiga aktivitas fase Bulan untuk tiga kelompok siswa yaitu aktivitas hands-on tradisional, versi berbasis komputer, dan versi VR berfitur lengkap.
 
Dalam versi tradisional, langsung, peserta (Bumi) memegang tongkat pendek dengan bola di atas (Bulan). Sorotan terang (Matahari) diarahkan ke sana.
 
Terus memegang bola sejauh lengan dan berputar meniru pola iluminasi fase Bulan dalam sistem Matahari-Bumi-Bulan.
 
Sedangkan Versi simulasi desktop menunjukkan visualisasi realistis dari Matahari, Bumi dan Bulan menggunakan keyboard komputer, mereka menyesuaikan waktu dan posisi.
 
Untuk aktivitas VR, siswa mengenakan layar yang dipasang di kepala Oculus Rift dengan dua pengontrol tangan yang menjalankan simulasi yang dibuat menggunakan mesin permainan Unity.
 
Yang membuatnya berbeda dari versi desktop adalah kemampuan untuk menggunakan pengontrol tangan untuk bergerak maju atau mundur dalam waktu. Mereka juga bisa mengambil Bulan (melalui kursor) untuk menyeretnya maju atau mundur di orbit.
 
Pilihan terakhir terdengar paling keren tetapi para peneliti menemukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode pengajaran. Siswa harus mengikuti tes pilihan ganda sebelum dan sesudah ketiga kegiatan. Skor rata-rata sebelum tes adalah sekitar 36%.
 
Setelah tes, nilai siswa meningkat menjadi sekitar 58% di ketiga pendekatan. Tetapi jelas metode mana yang disukai siswa 78% peserta lebih menyukai kegiatan VR
 
"Kami menemukan bahwa dengan elemen interaktif, pembelajaran peserta sekali lagi setara di seluruh kondisi, dan peserta sangat suka terlibat dalam kondisi VR," tulis para penulis.
 
Seorang siswa menulis: Memiliki ruang keseluruhan sangat membantu. Bahkan di kelas saya masih kesulitan memahami apa yang mereka bicarakan dalam konsep.
 
"Tapi saya pikir saya belajar banyak di VR dan bisa memanipulasi lingkungan dengan kemauan sendiri. Tampaknya lebih menarik daripada dua metode lainnya," ungkapnya, seperti dilansir Okezone.
 
Pendidik harus waspada terhadap hype siswa terhadap VR dan menggunakan teknologi untuk menggantikan metode pengajaran tradisional.
 
Berbicara kepada Times Higher Education, Sam Smidt, Direktur Pusat UCL Arena untuk Pendidikan Berbasis Riset mengatakan lembaganya berpendapat untuk keterlibatan VR yang lebih luas, memperjuangkan potensinya untuk mengajar dengan cara, atau mengeksplorasi konsep, yang tidak mudah disampaikan di lingkungan simulasi tatap muka atau komputer, jelasnya.
 
Sebagai contoh, lingkungan VR di mana dokter dapat berinteraksi dengan karakter VR dari anak-anak yang dilecehkan dan orang tua mereka, yang menyediakan cara yang realistis dan mendalam untuk mempraktikkan interaksi sensitif tersebut.
 
Faktanya menunjukkan bahwa siswa tampaknya memiliki preferensi yang kuat terhadap VR tidak dengan sendirinya menunjukkan bahwa itu layak digunakan, meskipun itu adalah temuan yang menggembirakan. Pakar dalam pembelajaran yang ditingkatkan teknologi menjelaskan.
Berita Terkini
KUNJUNGAN BALASAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS JAYABAYA  KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Minggu, 04 Februari 2024 23:20 Wib • HUMAS UNPI
KUNJUNGAN BALASAN UNIVERSITAS PASUNDAN  (UNPAS) BANDUNG KE UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Minggu, 21 Januari 2024 00:22 Wib • Humas UNPI
SAFARI KAMPUS SMA AL – MA’MOEN KE- UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Selasa, 12 Desember 2023 15:00 Wib • Humas UNPI
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Mengenal Perbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi
Selasa, 10 Desember 2019 09:01 Wib • unpi/kompas/rencanamu.id
Pentingnya Literasi Digital Bagi Mahasiswa dan Pelajar
Kamis, 21 Juli 2022 16:00 Wib • UNPI/SINDONEWS.COM
Olahraga +
MAHATALA EKSPEDISI 12 PUNCAK GUNUNG DALAM HUT CIANJUR KE-346
Humas YPYMT/UNPI • Rabu, 02 Agustus 2023 19:35 Wib
Menpora Apresiasi Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo
unpi/berita satu • Jumat, 30 Juli 2021 12:00 Wib
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Politik dan Hukum +
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PERATURAN BAWASLU DAN PRODUK HUKUM NON PERATURAN BAWASLU
HUMAS UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:57 Wib
 Pentingnya Paten Bagi Sebuah Penemuan
unpi/republika • Jumat, 14 Juni 2019 16:56 Wib
Mahasiswa harus menjadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 12:40 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Kisah Terciptanya Bolpoin yang Menoreh Sejarah Dunia Tulis-Menulis
unpi/nationalgeograpi • Jumat, 14 Juni 2019 12:00 Wib
6 Cara Meningkatkan Kecerdasan Menurut Sains
unpi/kompas.com • Jumat, 14 Juni 2019 11:00 Wib
Dengan Memaksimalkan Dunia Digital, Gunakan Media Sosial Jadi Personal Branding
UNPI/REPUBLIKA.CO.ID • Jumat, 14 Juni 2019 16:49 Wib
Sosial +
KOLABORASI KEGIATAN TRAUMA HEALING DAN PSIKOSOSIAL UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR BERSAMA UNIVERSITAS JAYABAYA
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:00 Wib
PENANDATANGANAN MEMORENDUM OF AGREEMENT (MOA) FIKOM UNPI X FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS JAYABAYA
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 18:00 Wib
KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNPI 2022
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:00 Wib
Pendidikan +
KUNJUNGAN BALASAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS JAYABAYA  KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
HUMAS UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 23:20 Wib
KUNJUNGAN BALASAN UNIVERSITAS PASUNDAN  (UNPAS) BANDUNG KE UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 00:22 Wib
SAFARI KAMPUS SMA AL – MA’MOEN KE- UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 15:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris