UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Daftar Merek Paling Berharga di Dunia
unpi/cnnindonesia • Kamis, 12 April 2018 12:32 Wib
Daftar Merek Paling Berharga di Dunia
Sumber Foto : gilangnetworks
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Sejumlah merek asal Amerika Serikat (AS) mendominasi urutan teratas daftar merek paling bernilai di dunia, seperti Amazon, Apple, Google, Facebook, dan Visa. Sementara itu, dua merek asal Asia memecahkan rekor dengan masuk daftar 10 besar, yakni Samsung dan ICBC.
 
Berdasarkan laporan global 500 Brand Finance bertajuk 'The Annual Report on the World's Most Valuable Brands 2018', Amazon tercatat menempati urutan pertama dari semula ada di peringkat ketiga. Nilai merek (brand value/BV)Amazon mencapai US$150,81 miliar atau melonjak hingga 42 persen dari nilai tahun lalu sebesar US$106,39 miliar.
 
Amazon mendepak posisi Google yang semula di peringkat satu, dan kini harus rela bergeser ke peringkat tiga, meski BV Google naik 10 persen menjadi US$120,9 miliar, dari semula US$109,4 miliar, dilansir CNNIndonesia.com.
 
Apple tetap berada di posisi kedua dengan BV US$146,3 miliar dari semula US$107,1 miliar atau meningkat 37 persen.
Tentu banyak pertanyaan, mengapa Amazon begitu dominan? Dikutip dari visualcapitalist.com, analis menyebutkan Amazon terus meningkatkan kinerja pendapatan dengan cepat, dan ketika kerajaan Jeff Bezos itu meluas, masyarakat sudah sangat akrab dengan dominasi ritel berbasis daring (online) tersebut.
 
CEO Brand Finance David Haigh memberi pernyataan tentang masa depan merek Amazon. Menurut dia, kekuatan dan nilai dari merek Amazon memberi kewenangan kepada para pemangku kepentingan untuk melanjutkan ekspansi ke sektor dan wilayah baru tanpa henti.
 
David Haigh mengatakan, "Semua bukti itu menunjukkan bahwa merek Amazon akan melanjutkan perkembangannya."
Bagi Apple, ketergantungan berlebihan pada iPhone membatasi peluang pertumbuhan nilai merek. Sedangkan, investasi Google di luar divisi mesin pencarian tidak dapat menawarkan skala, dampak, atau inovasi seperti yang ditunjukkan oleh bisnis Amazon.
 
Meski tetap mendominasi daftar merek paling terkenal, ada penurunan yang cukup tajam dari dominasi AS ke merek milik Benua Asia. Merek Samsung asal Korea Selatan menduduki peringkat keempat dengan BV US$92,3 miliar atau melejit hingga 39 persen dari semula US$66,2 miliar. Merek ICBC asal China tak mau kalah dengan menempati urutan buncit 10 besar dengan BV US$59,1 miliar.
 
Sisanya, merek-merek asal negara lain turut meramaikan jagat merek terkenal, yakni Mercedes-Benz Jerman (US$43,9 miliar,) Toyota Jepang (US$43,7 miliar), dan Shell asal Belanda (US$39,4 miliar).
 
Setelah itu, merek yang tersisa dalam daftar berada di kisaran US$4 miliar hingga US$25 miliar, terdapat nama-nama terkenal seperti Nestle (US$19,4 miliar), Zara (US$17,5 miliar), dan RBC (US$13,8 miliar). Meskipun bernilai kecil dibandingkan brand value Amazon, merek-merek tersebut menjadi perbincangan menarik hingga level internasional.
 
Dalam daftar 500 merek ternama, Telkom Indonesia menempati urutan 341 pada 2018, atau naik dari peringkat tahun sebelumnya yakni 386.
 
Berbeda dengan kapitalisasi pasar atau nilai perusahaan, nilai merek didefinisikan sebagai aset tak berwujud yang berhubungan dengan pemasaran yang menghasilkan manfaat ekonomi untuk suatu merek dalam suatu perusahaan.
Berita Terkini
KUNJUNGAN BALASAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS JAYABAYA  KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Minggu, 04 Februari 2024 23:20 Wib • HUMAS UNPI
KUNJUNGAN BALASAN UNIVERSITAS PASUNDAN  (UNPAS) BANDUNG KE UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Minggu, 21 Januari 2024 00:22 Wib • Humas UNPI
SAFARI KAMPUS SMA AL – MA’MOEN KE- UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Selasa, 12 Desember 2023 15:00 Wib • Humas UNPI
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Mengenal Perbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi
Selasa, 10 Desember 2019 09:01 Wib • unpi/kompas/rencanamu.id
Pentingnya Literasi Digital Bagi Mahasiswa dan Pelajar
Kamis, 21 Juli 2022 16:00 Wib • UNPI/SINDONEWS.COM
Olahraga +
MAHATALA EKSPEDISI 12 PUNCAK GUNUNG DALAM HUT CIANJUR KE-346
Humas YPYMT/UNPI • Rabu, 02 Agustus 2023 19:35 Wib
Menpora Apresiasi Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo
unpi/berita satu • Jumat, 30 Juli 2021 12:00 Wib
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Politik dan Hukum +
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PERATURAN BAWASLU DAN PRODUK HUKUM NON PERATURAN BAWASLU
HUMAS UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:57 Wib
 Pentingnya Paten Bagi Sebuah Penemuan
unpi/republika • Jumat, 14 Juni 2019 16:56 Wib
Mahasiswa harus menjadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 12:40 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Kisah Terciptanya Bolpoin yang Menoreh Sejarah Dunia Tulis-Menulis
unpi/nationalgeograpi • Jumat, 14 Juni 2019 12:00 Wib
6 Cara Meningkatkan Kecerdasan Menurut Sains
unpi/kompas.com • Jumat, 14 Juni 2019 11:00 Wib
Dengan Memaksimalkan Dunia Digital, Gunakan Media Sosial Jadi Personal Branding
UNPI/REPUBLIKA.CO.ID • Jumat, 14 Juni 2019 16:49 Wib
Sosial +
KOLABORASI KEGIATAN TRAUMA HEALING DAN PSIKOSOSIAL UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR BERSAMA UNIVERSITAS JAYABAYA
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:00 Wib
PENANDATANGANAN MEMORENDUM OF AGREEMENT (MOA) FIKOM UNPI X FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS JAYABAYA
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 18:00 Wib
KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNPI 2022
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 17:00 Wib
Pendidikan +
KUNJUNGAN BALASAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS JAYABAYA  KE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
HUMAS UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 23:20 Wib
KUNJUNGAN BALASAN UNIVERSITAS PASUNDAN  (UNPAS) BANDUNG KE UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 00:22 Wib
SAFARI KAMPUS SMA AL – MA’MOEN KE- UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA (UNPI) CIANJUR
Humas UNPI • Jumat, 14 Juni 2019 15:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris