UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Ragam Beasiswa Kuliah yang Perlu Dipahami
unpi/sindonew.com • Kamis, 16 September 2021 18:34 Wib
Ragam Beasiswa Kuliah yang Perlu Dipahami
Sumber Foto : kendari.co.id

UNPI-CIANJUR.AC.ID -  Saat ini semakin banyak beasiswa pendidikan yang disalurkan ke masyarakat. Tidak berhenti di beasiswa yang diberikan dari pemerintah namun juga banyak beasiswa dari pihak swasta. Tidak hanya dari siapa penyedianya namun beasiswa pun juga dibedakan dari bentuk pembiayaan dan juga cakupannya.

Berikut ini dijelaskan mengenai macam-macam beasiswa kuliah agar mudah dipilih.

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Kamis (16/9/2021), mengenal macam-macam beasiswa kuliah memberi banyak manfaat ketika dihadapkan pilihan mana beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh pencari beasiswa tersebut.

Untuk itu, mari kita kenali beasiswa dari sumber pembiayaan, bentuk pembiayaan, dan cakupan pembiayaan.

A. Beasiswa Berdasarkan Bentuk Pembiayaan

1. Beasiswa penghargaan
Beasiswa ini hanya diberikan kepada kamu yang memiliki prestasi atau pencapaian akademik terbaik. Indikator dari beasiswa ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa atau rata-rata nilai akademik bagi kamu yang masih sekolah. Tidak hanya dari nilai saja, aktif dalam berbagai kegiatan non-akademik lainnya juga akan menjadi salah satu syarat pertimbangan untuk bisa mendapatkan jenis beasiswa penghargaan.

2. Beasiswa bantuan
Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, tetapi memiliki prestasi akademik baik sehingga dianggap layak untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Pihak beasiswa akan meninjau ketidakmampuan finansial calon penerima beasiswa dari beberapa faktor seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang sedang menempuh studi, serta pengeluaran dan biaya hidup.

3. Beasiswa penelitian
Beasiswa ini menawarkan pendanaan untuk penerima yang akan melakukan penelitian terkait bidang studi yang sedang dijalani. Sumbernya pun dapat berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian dan membutuhkan tenaga akademis. Jumlah dana dan periode yang ditawarkan tergantung pada banyaknya biaya yang dibutuhkan serta lamanya penelitian dilakukan.

4. Beasiswa non-akademik
Tidak hanya prestasi akademik saja yang menjadi syarat untuk seseorang bisa mendapatkan beasiswa. Saat ini sudah banyak lembaga atau perguruan tinggi yang menyediakan bantuan pendidikan untuk mereka yang mempunyai prestasi di luar bidang akademik. Misalnya beasiswa olahraga.

5. Beasiswa ikatan dinas
Beasiswa ini mensyaratkan para penerimanya untuk mengikat diri dengan ikatan dinas pada pihak sponsor (pemberi beasiswa) sebagai hubungan timbal balik yang menguntungkan kedua belah pihak. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, biasanya kamu akan diwajibkan untuk bekerja di instansi atau perusahaan sponsor dalam jangka waktu tertentu.

B. Beasiswa Berdasarkan Cakupan Pembiayaan

1. Beasiswa penuh (Full Scholarship)
Tidak hanya memberikan biaya pendidikan, beasiswa penuh juga menyediakan dana untuk kebutuhan pendukung bagi penerimanya seperti biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi, akomodasi, hingga sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Contoh beasiswa yang memberikan beasiswa penuh antara lain Australian Development Scholarship (ADS), Chevening dan Ford Foundation.

2. Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)
Beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu saja atau sebagian dari biaya total yang dibutuhkan saat kamu menjalani perkuliahan masa studi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pada umumnya, beasiswa sebagian atau parsial yang diberikan bisa dalam bentuk biaya kuliah atau akomodasi saja.

C. Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan atau Pihak Penyedia

1. Beasiswa dari pemerintah
Beasiswa ini ditawarkan oleh pihak pemerintah, misalnya dari kementerian atau lembaga lainnya. Berbagai departemen dan lembaga pemerintahan menyediakan berbagai beasiswa yang tidak hanya dapat diikuti oleh karyawannya saja, tetapi juga terbuka untuk umum. Contoh beasiswa pemerintah yang bisa kamu coba antara lain dari Departemen Keuangan (LPDP), Beasiswa BAPPENAS, dan Beasiswa LIPI.

2. Beasiswa dari Pihak Swasta
Beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh institusi berupa perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Nah, mayoritas beasiswa yang ditawarkan pun berupa perwujudan dari bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut pada lingkungannya. Contoh beasiswa dari pihak swasta antara lain Beasiswa Tanoto Foundation, Beasiswa Djarum Plus, dan lainnya.

3. Beasiswa dari Negara Maju atau Donor
Beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama eksklusif dari negara maju dengan negara berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain untuk memfasilitasi pelajar untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperbanyak pusat-pusat penelitian di negara berkembang. Contoh beasiswa dari negara maju atau donor antara lain Beasiswa Chevening dari Pemerintah Inggris, Beasiswa Fulbright dari Pemerintah AS, Beasiswa Nuffic Neso (NEC) dari Pemerintah Belanda, dan sebagainya.

4. Beasiswa dari Komunitas, Organisasi, atau Yayasan
Program beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh komunitas, organisasi, atau yayasan yang berlatar belakang sosial, akademik, atau juga keagamaan yang peduli terhadap pendidikan dan ingin memberikan bantuan. Beasiswa yang ditawarkan biasanya selaras dengan nilai-nilai yang dijunjung oleh komunitas, organisasi, atau yayasan tersebut. Contoh dari beasiswa ini antara lain Beasiswa The Habibie Center dan Beasiswa Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie.

5. Beasiswa Perguruan Tinggi
Banyak perguruan tinggi yang juga memiliki program beasiswa yang memberikan bantuan dana akademik. Selain ditujukan bagi para mahasiswanya sendiri, ada juga perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa luar perguruan tinggi bahkan luar negeri.
 

Berita Terkini
KHITANAN MASSAL HUT YPYMT KE 34
Minggu, 17 Oktober 2021 12:28 Wib • HUMAS UNPI
Pentingnya Perencanaan Karier buat Mahasiswa
Kamis, 14 Oktober 2021 20:00 Wib • unpi/kompas.com
Donor Darah UNPI Cianjur bersama UPTD PMI Cianjur
Senin, 04 Oktober 2021 10:24 Wib • Humas UNPI
Berita Populer
Apa itu STEM (Science Technology Engineering Math)?
Jumat, 24 Agustus 2018 09:15 Wib • unpi/Lifewire
Provinsi Jawa Barat Raih Swasti Saba 2017
Rabu, 29 Nopember 2017 12:00 Wib • glg/infopublik
Pentingnya Pengamalan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari
Senin, 25 September 2017 14:00 Wib • glg/infopublik
Olahraga +
Menpora Apresiasi Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo
unpi/berita satu • Jumat, 30 Juli 2021 12:00 Wib
Awal Mula Kejuaraan Dunia Balap Motor Terbentuk
unpi/antaranews • Jumat, 14 Juni 2019 14:17 Wib
Meski Puasa Intensitas Olahraga tak Perlu Dikurangi
unpi/republika • Senin, 13 Mei 2019 16:00 Wib
Politik dan Hukum +
 Pentingnya Paten Bagi Sebuah Penemuan
unpi/republika • Senin, 13 Mei 2019 16:56 Wib
Mahasiswa harus menjadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang
unpi/antaranews • Senin, 13 Mei 2019 12:40 Wib
Mahfud MD: Milenial Rugi kalau Tidak Memilih
unpi/antaranews • Senin, 13 Mei 2019 14:14 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Peneliti Indonesia Ciptakan Teknologi  Pengolahan Limbah Medis Covid-19
unpi/antaranews • Senin, 13 Mei 2019 11:00 Wib
Setelah Telkomsel, Smartfren Persiapkan layanan 5G
unpi/antaranews • Senin, 13 Mei 2019 12:00 Wib
Menakar Revolusi Jaringan 5G untuk Warga Kota
unpi/cnnindonesia • Senin, 13 Mei 2019 16:00 Wib
Sosial +
UNPI RAIH RANGKING 1 LOMBA P4GN BNNK CIANJUR
Humas UNPI • Senin, 13 Mei 2019 17:45 Wib
Edukasi Penggunaan Plastik di Hari Bumi 22 April 2021
unpi/cnnindonesia • Senin, 13 Mei 2019 15:00 Wib
Pendidikan +
Pentingnya Perencanaan Karier buat Mahasiswa
unpi/kompas.com • Senin, 13 Mei 2019 20:00 Wib
Ragam Beasiswa Kuliah yang Perlu Dipahami
unpi/sindonew.com • Senin, 13 Mei 2019 18:34 Wib
Pemeran U-EXPO2021
UNPI/Humas • Senin, 13 Mei 2019 21:00 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris