Infrastruktur Pembelajaran Jarak Jauh Masih Harus Dibenahi
unpi/medcom.id • Selasa, 12 Mei 2020 11:51 Wib
Sumber Foto : zonamovilidad.es
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian mengatakan infrastruktur Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih harus dibenahi. Menurutnya, pembelajaran jarak jauh saat ini masih belum maksimal.
"Kesiapan dari infrastruktur pembelajaran kita yaitu internet terutama," kata Hetifah.
Hetifah mengatakan, gagap teknologi juga masih menjadi masalah belajar daring. Hetifah menyebut kemampuan guru maupun siswa dalam menggunakan teknologi masih rendah dan belum merata.
"Termasuk kemampuan orang tua juga, kadang dalam mendampingi masih termasuk gagap terhadap teknologi," lanjutnya.
Dia pun meminta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa (Kemendikbud) mampu memperhatikan hal tersebut. Meski telah dibantu media TVRI, infrastruktur dan manajemen sekolah dalam PJJ masih butuh pendampingan.
"Jadi kuncinya sekarang memang adanya arahan manajemen sekolah. Bagaimana kita, kepala sekolah, bisa melakukan sesuatu dengan lebih sistematis dari rumah," sambung Hetifah, dilansir Medcom.id.
Dia berharap ada upaya cepat dari pemerintah dalam membantu mengelola infrastruktur PJJ. Catatan Hetifah, baru 60 persen sekolah di Indonesia yang terjangkau internet.
"Semoga ada gerakan dan arahan-arahan yang baru dengan situasi yang baru ini dan juga bagaimana mensupervisi pembelajaran," terangnya.
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris