UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Skill Komputer yang Wajib Diasah Tahun 2019
Skill Komputer yang Wajib Diasah Tahun 2019
unpi/Qerja • Jumat, 28 Desember 2018 14:00 Wib
Skill Komputer yang Wajib Diasah Tahun 2019
Sumber Foto : frci.org.uk
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Salah satu hal yang paling menarik bagi perekrut dari lembar curriculum vitae adalah keahlian pelamar kerja. Daftar keterampilan utama dan pendukung bisa menjadi modal awal bagi kandidat untuk melangkah lebih jauh dalam proses seleksi kerja. Untuk itu, para pencari kerja berlomba untuk memperpanjang daftar skill yang relevan dengan posisi yang lowong.
 
Agar tidak kalah dalam persaingan dunia kerja di tahun 2019, Anda juga harus meningkatkan keahlian. Jangan puas dengan hanya memenuhi permintaan sesuai permintaan pada iklan lowongan kerja saja. Anda harus lebih dari itu.
 
Skill tambahan yang bisa dipelajari untuk bersaing di masa depan adalah keterampilan komputer. Keahlian ini dibutuhkan meski Anda tidak bekerja di bagian IT. Berikut beberapa keahlian komputer yang perlu diasah di tahun 2019, yang dilansir dari laman Qerja.com:
 
Microsoft Excel
 
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan data secara otomatis. Anda dapat menggunakan Microsoft Excel untuk perhitungan data yang menggunakan rumus dan berbagai fungsi matematika, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Perangkat lunak ini dipakai untuk berbagai keperluan administrasi, laporan keuangan, hingga data pendukung presentasi.Anda bisa mengasah dan memperbaharui skill ini dengan membaca berbagai forum di situs internet, menonton tutorial di Youtube, dan buku tentang tip dan trik Microsoft Excel.
 
Microsoft Office Suite
 
Kenyataannya, menjelang 2019, masih banyak orang yang masih 'gagap' dalam membuat presentasi dasar dengan Power Point. Padahal, sebelumnya Anda sudah yakin memasukkan Microsoft Office sebagai salah satu keahlian pendukung pekerjaan, tapi saat diminta presentasi malah berantakan. Jangan sampai Anda mengalami kejadian memalukan itu. Makanya, Anda perlu mengasah keahlian komputer ini dengan tutorial online di berbagai situs internet.
 
Media Sosial
 
Meski sudah memiliki akun Facebook, Instagram, dan Twitter sejak lama, namun Anda tidak bisa disebut sebagai ahli media sosial. Dari sudut pandang bisnis, media sosial adalah hal yang berbeda. Anda harus tahu tentang waktu terbaik untuk mengunggah konten, memahami tren dan fungsi hashtag, mempelajari cara membuat konten dan kampanye, hingga cara membagikan konten. Keahlian ini bisa diperoleh dengan pelatihan dan pengalaman.
 
Search Engine Optimization (SEO)
 
Semua perusahaan, baik yang besar atau kecil, ingin situs resminya berada di halaman pertama dari hasil pencarian di Google. Untuk itu, pada situs web perlu dimasukkan kata kunci yang kuat sehingga mudah ditemukan. Situs teratas yang ditemukan Google berpotensi untuk dikunjungi lebih banyak dari website lainnya.
 
Untuk itu, pencari kerja zaman now perlu mempelajari trik SEO untuk mendukung situs perusahaan di 2019. Siapa tahu pendapat Anda dibutuhkan di perusahaan kelak. Sekali lagi, cara untuk mengasah keahlian komputer yang satu ini bisa dilakukan dengan membaca berbagai artikel di situs internet. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti blog sepeti Moz dan Hubspot untuk mengetahui perkembangan SEO yang terus berubah.
 
Google Suite
 
Saat ini, penggunaan Google sebagai situs pencari terpercaya semakin luas di tahun 2019 mendatang. Sehingga keberhasilan sebuah situs masuk ke dalam halaman pertama Google menjadi tolok ukur kesuksesan. Maka, kemampuan untuk menggunakan Google Suite sangat diperlukan. Misalnya, dengan memahami Google Analytics, Anda akan tahu perkembangan situs perusahaan di dunia maya dan cara meningkatkannya.
 
Kabar baiknya, Google menawarkan kursus pelatihan online gratis dan resmi untuk memelajari semua perangkat lunaknya, Bahkan, Anda bisa mendapat sertifikat dengan mengikuti beberapa pelatihan tersebut. Terlebih lagi, Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan. Anda hanya perlu menyediakan waktu belajar yang bisa disesuaikan dengan jadwal dan kesibukan.
 
Anda bisa mulai mengasah berbagai keahlian komputer untuk memenangkan persaingan di dunia kerja tahun 2019. Keterampilan ini akan menjadi modal Anda untuk mendapatkan pekerjaan terbaik di masa mendatang.
Berita Terkini
Kurangi Penggunaan Plastik yang Membahayakan Lingkungan
Kamis, 17 Januari 2019 14:00 Wib • unpi/infopublik
Psikolog Pendidikan di Indonesia Kehilangan Jiwa
Kamis, 17 Januari 2019 12:32 Wib • unpi/republika
BMKG: Indonesia Masuk Puncak Musim Hujan, Waspadai Bencana
Kamis, 17 Januari 2019 11:00 Wib • unpi/republika
Berita Populer
Provinsi Jawa Barat Raih Swasti Saba 2017
Rabu, 29 Nopember 2017 12:00 Wib • glg/infopublik
Perkembangan Teknologi Pengaruhi Tingkat Pengangguran
Jumat, 17 Februari 2017 09:21 Wib • glg/antara
Pro-Kontra Gerakan Anti Hoax
Rabu, 01 Februari 2017 14:42 Wib • glg/antara
Olahraga +
Sukses Asian Games tak Semata Perolehan Medali
unpi/antara • Jumat, 24 Agustus 2018 13:00 Wib
Sejarah Asian Games
unpi/asiangames2018 • Jumat, 24 Agustus 2018 10:00 Wib
Asian Games Jadi Momen Penting Perdamaian Korea
unpi/kominfo • Senin, 20 Agustus 2018 15:07 Wib
Politik dan Hukum +
KPK Buka Call Center 198
unpi/cnnindonesia • Senin, 20 Agustus 2018 14:20 Wib
Remaja 14 Tahun Calonkan Diri Jadi Gubernur AS
unpi/cnnindonesia • Senin, 20 Agustus 2018 15:00 Wib
Mahkamah Agung: Indonesia Kekurangan 4.000 Hakim
unpi/cnnindonesia • Senin, 20 Agustus 2018 10:20 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Punya Beberapa Akun Media Sosial? Waspada Peningkatan Kecemasan Hingga Depresi
unpi/nationalgeographic • Senin, 20 Agustus 2018 13:22 Wib
21 Januari, Indonesia Diterangi Cahaya Supermoon
unpi/cnnindonesia • Senin, 20 Agustus 2018 12:20 Wib
Lima Daerah di Indonesia
unpi/antaranews • Senin, 20 Agustus 2018 09:05 Wib
Sosial +
Kurangi Penggunaan Plastik yang Membahayakan Lingkungan
unpi/infopublik • Senin, 20 Agustus 2018 14:00 Wib
BMKG: Indonesia Masuk Puncak Musim Hujan, Waspadai Bencana
unpi/republika • Senin, 20 Agustus 2018 11:00 Wib
Cara Bermain Saham Online Bagi Pemula
unpi/indonesia.go.id • Senin, 20 Agustus 2018 12:00 Wib
Pendidikan +
Psikolog Pendidikan di Indonesia Kehilangan Jiwa
unpi/republika • Senin, 20 Agustus 2018 12:32 Wib
Kampus Harus Berkoordinasi dengan Industri Soal Riset
unpi/republika • Senin, 20 Agustus 2018 10:05 Wib
Mendikbud Ubah Pola Penerimaan Peserta Didik Baru
unpi/jpp • Senin, 20 Agustus 2018 09:01 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris