UNPI • UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
Nutrisi Pereda Kecemasan
Nutrisi Pereda Kecemasan
unpi/cnnindonesia • Rabu, 16 Mei 2018 12:23 Wib
Nutrisi Pereda Kecemasan
Sumber Foto : photigy.com
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Kecemasan seringkali datang saat situasi sedang tak menentu seperti serangan teror bom Surabaya yang menyerang Indonesia beberapa hari terakhir.
 
Namun, cemas yang berlebihan hanya bakal makin memperkeruh suasana.
 
Pikiran yang tenang sangat dibutuhkan untuk dapat menghadapi beragam situasi ini. Beragam penelitian menunjukkan kecemasan sebenarnya dapat diredakan dengan alami lewat berbagai cara salah satunya melalui nutrisi yang dikonsumsi.
 
Lewat nutrisi yang tepat dengan memperhatikan keseimbangan gula, makanan dapat meredakan rasa cemas di dalam tubuh. Begitupun sebaliknya, makanan dapat memicu otak menjadi stres.
 
Berikut merupakan lima nutrisi yang dapat meredakan kecemasan, seperti dilansir CNNIndonesia.com.
 
1. Omega 3
Penelitian dari Ohio State University menunjukkan nutrisi yang sangat baik untuk mengurangi kecamasan adalah asam lemak omega 3. Omega ini banyak ditemukan pada ikan seperti salmon dan kacang-kacangan.
"Otak kita butuh asam lemak agar dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak makan yang bernutrisi, otak Anda akan bermasalah," kata ahli gizi Melissa Reagan Brunetti dikutip dari Reader's Digest.
 
2. Probiotik
Studi terbaru menemukan bahwa probiotik dapat mengobati dan mencegah perasaan cemas. Probiotik merupakan bakteri baik di dalam usus yang akan menghasilkan antibiotik dan membantu proses metabolisme serta meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Probiotik ini dapat ditemui di dalam suplemen atau makanan yang telah difermentasi seperti yogurt.
"Bakteri pada usus ini diperlukan untuk memproduksi neurotransmiter, termasuk serotonin, dopamin, dan GABA (asam gamma-aminobutyric), yang semuanya berperan dalam suasana hati," kata Brunetti.
 
3. Antioksidan
Riset dari State University of New York menemukan gejala kecemasan berhubungan dengan keadaan antioksidan yang rendah. Selain itu, antioksidan juga disebut dapat membantu meningkatkan suasana hati.
 
Antioksidan seperti betakaroten dapat ditemui pada wortel, ubi jalar, dan bayam. Sementara antioksidan dari vitamin C bisa di dapatkan dari jeruk, brokoli dan stroberi. Antioksidan dari vitamin E banyak terdapat di alpukat dan biji bunga matahari.
 
4. Magnesium
Sebuah penelitian di Austria terhadap tikus menemukan kandungan magnesium yang rendah meningkatkan rasa cemas. Penelitian itu juga menemukan bahwa magnesium juga dapat mengobati kesehatan mental manusia.
"Magnesium dapat menjadi penghalang masuknya otak stres ke otak," kata psikiater Emily Deans di Psychology Today.
 
Nutrisi magnesium bisa didapatkan dalam telur, dan sayuran hijau seperti bayam.
 
5. Air
Penelitian dari University of Connecticut menunjukan dehidrasi ringan dapat menyebabkan masalah suasana hati. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar dapat berfikir dengan jernih.
 
Selain mengonsumsi nutrisi ini, ada baiknya juga untuk menghindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan kecemasan seperti makanan yang mengandung kafein,gula olahan, makanan cepat saji, dan alkohol.
Berita Terkini
Penulis Berperan Tingkatkan Kualitas Baca Tulis Masyarakat
Jumat, 19 Oktober 2018 14:00 Wib • unpi/republika
Perguruan Tinggi Didorong Lakukan Transformasi Digital
Jumat, 19 Oktober 2018 12:38 Wib • unpi/republika
Mahasiswa Pilar Penting Bangun Generasi Antikorupsi
Jumat, 19 Oktober 2018 10:30 Wib • unpi/republika
Berita Populer
Perkembangan Teknologi Pengaruhi Tingkat Pengangguran
Jumat, 17 Februari 2017 09:21 Wib • glg/antara
Provinsi Jawa Barat Raih Swasti Saba 2017
Rabu, 29 Nopember 2017 12:00 Wib • glg/infopublik
Pro-Kontra Gerakan Anti Hoax
Rabu, 01 Februari 2017 14:42 Wib • glg/antara
Olahraga +
Sukses Asian Games tak Semata Perolehan Medali
unpi/antara • Jumat, 24 Agustus 2018 13:00 Wib
Sejarah Asian Games
unpi/asiangames2018 • Jumat, 24 Agustus 2018 10:00 Wib
Asian Games Jadi Momen Penting Perdamaian Korea
unpi/kominfo • Senin, 20 Agustus 2018 15:07 Wib
Politik dan Hukum +
Remaja 14 Tahun Calonkan Diri Jadi Gubernur AS
unpi/cnnindonesia • Senin, 20 Agustus 2018 15:00 Wib
Mahkamah Agung: Indonesia Kekurangan 4.000 Hakim
unpi/cnnindonesia • Senin, 20 Agustus 2018 10:20 Wib
KPU Cianjur Mencatat Angka Partisipasi Pilgub Jabar Meningkat
unpi/antara • Senin, 20 Agustus 2018 09:07 Wib
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi +
Indonesia Butuh Banyak Fintech dengan Sistem yang Open Mind
Unpi/Antaranews • Senin, 20 Agustus 2018 13:00 Wib
Kemkominfo Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Smartphone
unpi/infopublik • Senin, 20 Agustus 2018 11:47 Wib
Menkominfo: Startup harus Diberi Kemudahan
unpi/antara • Senin, 20 Agustus 2018 09:18 Wib
Sosial +
Bantuan Pendidikan Tahap Pertama UNICEF Tiba
unpi/kemdikbud • Senin, 20 Agustus 2018 09:01 Wib
Tahun Ini Indonesia Tetapkan 225 Warisan Budaya Takbenda
unpi/kemdikbud • Senin, 20 Agustus 2018 12:30 Wib
Indonesia Raih Perunggu di Itaewon Global Village Festival 2018
unpi/KBRI Seoul • Senin, 20 Agustus 2018 11:00 Wib
Pendidikan +
Penulis Berperan Tingkatkan Kualitas Baca Tulis Masyarakat
unpi/republika • Senin, 20 Agustus 2018 14:00 Wib
Perguruan Tinggi Didorong Lakukan Transformasi Digital
unpi/republika • Senin, 20 Agustus 2018 12:38 Wib
Mahasiswa Pilar Penting Bangun Generasi Antikorupsi
unpi/republika • Senin, 20 Agustus 2018 10:30 Wib

PROGRAM STUDI UNPI

Universitas Putra Indonesia, saat ini memiliki 4 fakultas

FAKULTAS EKONOMI
Menyiapkan sarjana di bidang manajemen yang mampu mengelola perusahaan dalam proses pemasaran, sumber daya manusia serta mampu menyelesaikan masalah perusahaan.
FAKULTAS TEKNIK
Menyiapkan sarjana dalam bidang teknik yang mampu menguasai dan menyelesaikan masalah dengan komputer dan berperan sebagai pembuat perangkat lunak komputer
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Menyiapkan sarjana yang mampu mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik
FAKULTAS SASTRA
Menyiapkan Sarjana dalam bidang Sastra Inggris yang mampu mengembangkan lembaga kerja yang menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Inggris